Viral Video Dokter Sebut Menyusu Pakai Dot Sebab「Baccarat」kan Gigi Anak Busuk, Begini Penjelasan Ahli

  • 时间:
  • 浏览:0
  • 来源:OnlinegamblingMalaysia

Selain itu, kerja lidah pada saat proses mengisap susu dari dot juga akan menyebabkan kebiasaan menelan yang tidak normal, sehingga menyebabkan perubahan bentuk rahang dan langit-langit.

Terkait hal tersebut, Dokter Gigi Spesialis Kedokteran Gigi Anak RS Pondok Indah, Bintaro Jaya drg. Theresia Dhearine, Sp.KGA menjelaskan, bahwa ada beberapa mekanisme yang berkontribusi terhadap rahang, akibat kebiasaan menyusu memakai dot, di antaranya adalah kurang maksimalnya kerja otot pada saat mengisap susu dari botol.

Dokter anak tersebut menyarankan, untuk pelan-pelan melepaskan kebiasaan menggunakan dot mulai usia 7 bulan, dengan secara bertahap menggunakan sedotan, agar maksimal di usia 18 bulan anak bisa lepas dari botol.

KOMPAS.com - Sebuah video seorang dokter anak menyebutkan, bahwa anak-anak yang memakai dot, giginya akan busuk dan langit-langit mulutnya jelek, viral beredar di media sosial hari ini (1/7/2021).

“Akan menjadi lebih parah, jika dot selalu menjadi pengantar tidur dan dot masih tertinggal di dalam mulut anak sampai anak tertidur,” ujar drg, Theresia.

Baca juga: Ancaman Tersembunyi dari Pemberian Susu dengan Dot pada Anak

Hal ini disebabkan, saat minum susu memakai dot, susu akan tergenang pada gigi geligi selama proses mengisap susu, padahal susu biasanya cukup tinggi kandungan gula, akibatnya gigi menjadi lebih mudah berlubang.

Baca juga: Mengenali Tanda Bayi Lapar Ingin Menyusu

Bukan hanya itu, minum susu memakai dot juga dapat meningkatkan terjadinya karies atau gigi berlubang.

“Ini menyebabkan perkembangan otot yang terlibat dalam proses pengisapan berkurang dan ditandai dengan terhambatnya pertumbuhan rahang bawah,” kata drg. Theresia kepada Kompas.com, Kamis (1/7/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email